Visi

Visi Jurusan Matematika, FMIPA, Unima adalah menjadi program studi pendidikan matematika yang unggul dan inovatif berdasarkan Mapalus pada tahun 2030.

Misi

Misi Jurusan Matematika, FMIPA, Unima adalah menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam bidang pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi dalam bidang pendidikan matematika dengan:

  1. Menyiapkan calon pendidik dan tenaga kependidikan matematika yang berprestasi, kreatif, berkarakter, unggul, profesional dan diperhitungkan.
  2. Mengembangkan penelitian bidang pendidikan matematika yang inovatif dan mutakhir  sebagai landasan proses pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian pada masyarakat yang berbasis hasil penelitian pendidikan matematika.
  4. Membangun kompetensi vokasional bidang pendidikan matematika dengan dukungan  jaringan kemitraan tingkat regional, nasional, dan internasional, yang juga berfungsi untuk mengontrol mutu dan relevansi penyelenggaraan kegiatan akademik, relevansi lulusan, serta memperkuat dukungan sumber daya.
  5. Memberdayakan semua sumber daya yang dimiliki dengan memanfaatkan rekayasa teknologi informasi komunikasi.

Tujuan

  1. Menghasilkan calon pendidik matematika di Sekolah Menengah yang mampu merancang kegiatan pembelajaran yang inovatif, membuat perangkat pembelajaran dan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan matematika dan pembelajarannya yang unggul dan inovatif berdasarkan Mapalus.
  2. Menghasilkan asisten peneliti pendidikan matematika yang mampu menerapkan keilmuan dalam penelitian bidang pengajaran matematika dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang lebih tinggi sesuai dengan bidang keilmuan yang unggul dan inovatif berdasarkan Mapalus.
  3. Wirausahawan bidang pendidikan matematika serta pembelajarannya yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pelaku wirausaha pendidikan matematika yang unggul dan inovatif berdasarkan Mapalus.

Strategi

  1. Membekali mahasiswa sebagai calon pendidik matematika di Sekolah Menengah yang mampu merancang kegiatan pembelajaran yang inovatif, membuat perangkat pembelajaran dan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan matematika dan pembelajarannya, melalui kurikulum berbasis technological, pedagogical, and content knowledge (TPACK), dan higher order thinking skill (HOTS), sesuai dengan perkembangan zaman.
  2. Menyiapkan tenaga dosen yang mampu mengembangkan pembelajaran berbasis TPACK dan HOTS, sesuai perkembangan zaman.
  3. Menyiapkan prasarana dan sarana yang mendukung pembelajaran berbasis TPACK dan HOTS, sesuai perkembangan zaman.
  4. Membekali mahasiswa sebagai asisten peneliti pendidikan matematika yang mampu menerapkan keilmuan dalam penelitian bidang pengajaran matematika dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang lebih tinggi sesuai dengan bidang keilmuan melalui keterlibatan dalam penelitian dosen.
  5. Membekali mahasiswa sebagai wirausahawan bidang pendidikan matematika serta pembelajarannya yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pelaku wirausaha pendidikan matematika melalui kegiatan wirausaha merdeka (WMK).

@ 2022 MATEMATIKA FMIPAK UNIMA