Dalam rangka mewujudkan visi Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Kebumian (FMIPAK) Universitas Negeri Manado sebagai institusi unggul dan inovatif dalam bidang pendidikan, matematika, dan sains berdasarkan nilai-nilai Mapalus, Program Studi S1 Pendidikan Matematika berkomitmen untuk menyelaraskan pengembangan keilmuan dan keahlian dengan arah strategis tersebut.
Sesuai dengan misi FMIPAK, khususnya dalam mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dan relevan dengan tantangan pembangunan nasional, diperlukan penguatan struktur akademik dan keilmuan dalam program studi. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah pembentukan Kelompok Bidang Ilmu (KBI) dan Kelompok Bidang Keahlian (KBK) yang terorganisir, adaptif, dan berorientasi pada mutu.
Pembentukan KBI dan KBK ini bertujuan untuk:
- Mengelompokkan dosen dan aktivitas akademik berdasarkan fokus keilmuan dan keahlian yang saling mendukung.
- Mendorong kolaborasi dalam penelitian, pengembangan kurikulum, dan pengabdian kepada masyarakat.
- Menjadi wadah strategis dalam mengembangkan inovasi pendidikan matematika yang kontekstual dan berbasis IPTEK.
- Mengintegrasikan semangat Mapalus sebagai nilai lokal dalam membangun kerja sama tim yang berdaya saing dan berdampak luas.
Melalui struktur KBI dan KBK ini, diharapkan Program Studi S1 Pendidikan Matematika dapat memperkuat perannya sebagai pusat keunggulan dalam pendidikan matematika di kawasan timur Indonesia, sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat dan dunia kerja akan lulusan yang kompeten, inovatif, dan berkarakter.
Sebagai tindak lanjut dari arah kebijakan tersebut, Program Studi S1 Pendidikan Matematika membentuk dua Kelompok Bidang Ilmu (KBI) utama, yaitu:
- Bidang Ilmu Matematika, dengan cakupan keahlian yang mendasari penguasaan konsep-konsep matematika murni dan aplikatif, terdiri atas:
- Aljabar, Kombinatorika, Analisis, dan Geometri, dikoordinasi oleh tenaga dosen yang memiliki latar belakang keilmuan kuat dan berpengalaman dalam pengembangan teori matematika, antara lain:
- Prof. Dr. Philotheus E.A. Tuerah, M.Si., DEA (Koordinator)
- Drs. Ontrang Manurung, M.Pd.
- Dra. Munir Sulistyaningsih, M.Pd.
- Dr. Nicky K. Tumalun, S.Pd., M.Sc.
- Regina Pakpahan, S.Pd., M.Si.
- Statistika dan Komputasi, sebagai bidang keahlian yang menekankan pada pengolahan data, pemodelan matematis, dan teknologi komputasi, dengan dosen:
- Dr. Cori Pitoy, MS. (Koordinator)
- Dr. Sylvia Jane A. Sumarauw, M.Si., M.Kom.
- Dra. Vivian Eleonora Regar, M.Si.
- Helen Y. Angmalisang, S.S., S.Pd., M.Mat.
- Matematika Terapan, yang mengembangkan penerapan matematika dalam berbagai konteks praktis dan lintas disiplin, dikoordinasikan oleh:
- James U.L. Mangobi, S.Pd., M.Si. (Koordinator)
- Marvel G. Maukar, S.Pd., M.Sc.
- Nita Anggarini, M.Si.
- Aljabar, Kombinatorika, Analisis, dan Geometri, dikoordinasi oleh tenaga dosen yang memiliki latar belakang keilmuan kuat dan berpengalaman dalam pengembangan teori matematika, antara lain:
- Bidang Ilmu Pendidikan Matematika, sebagai inti dari karakter program studi, dengan fokus pada pendekatan pedagogis, kurikulum, dan riset pendidikan matematika. Kelompok ini terbagi atas tiga bidang keahlian:
- Etnografi Matematika, berfokus pada integrasi konteks budaya lokal dalam pembelajaran dan pemahaman matematika. Dosen pengampu:
- Dr. Santie M. Salajang, M.Si. (Koordinator)
- Dr. Patricia Y.J. Runtu, M.Pd.
- Ermita, S.Pd., M.Sc.
- Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, mengembangkan strategi pembelajaran inovatif berbasis teknologi, difasilitasi oleh:
- Dra. Selfie L. Kumesan, M.Si. (Koordinator)
- Navel O. Mangelep, S.Pd., M.Pd.
- Derel F. Kaunang, S.Pd., M.Pd.
- Mitkhaul Jannah, M.Pd.
- Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Matematika, yang mengarahkan pengembangan keilmuan pada pengukuran, evaluasi, dan riset pendidikan, diperkuat oleh:
- Prof. Dr. Ichdar Donu, M.Pd. (Koordinator)
- Dr. Aneka L.F. Tilar, M.Si.
- Dr. John R. Wenas, MS.
- Dr. Rosiah J. Pulukadang, M.Pd.
- Dr. Aneke Pesik, M.Pd.
- Rosauli Novalina Samosir, M.Pd.
- Etnografi Matematika, berfokus pada integrasi konteks budaya lokal dalam pembelajaran dan pemahaman matematika. Dosen pengampu:
Dengan struktur ini, Program Studi S1 Pendidikan Matematika menegaskan komitmennya untuk meningkatkan mutu tridharma perguruan tinggi yang selaras dengan visi FMIPAK. Pembentukan kelompok ini juga diharapkan memperkuat kolaborasi antar dosen dan menjembatani lintas keahlian guna menciptakan inovasi yang berdampak nyata bagi masyarakat dan dunia pendidikan.
0 Comments